Review Toyota Alphard dan Vellfire 2015

Meneruskan estafet kesuksesan Toyota Alphard yang selama ini hadir di pasar sebagai market leader dari Luxury Van di tanah air, Toyota akhirnya meluncurkan duo Toyota Alphard dan Vellfire terbaru di Indonesia tidak lama setelah diluncurkan di Jepang. Namun uniknya, kali ini Toyota juga memboyong Vellfire sebagai varian yang memiliki eksterior sedikit berbeda dibandingkan dengan Alphard.

Varian yang akan kami lakukan first impression review terdiri dari sebuah Toyota Alphard V6 2.5 Excecutive Lounge yang dibanderol dengan harga 1,53 Milyar Rupiah dan Toyota Vellfire yang setara dengan Toyota Alphard G 2.5 dengan kelengkapan yang sama, hanya saja untuk Toyota Alphard G, kita akan mendapatkan interior beige, sedangkan Vellfire menggunakan warna hitam seperti Alphard Excecutive Lounge.

Sebelum kita mulai, mohon maklumi kualitas gambar karena kondisi cahaya di tempat peluncuran tidak mendukung untuk mendapatkan hasil foto yang baik.

Eksterior Toyota Alphard
Pastinya akan menjadi kontroversi bagi siapa saja yang melihat wujud Toyota Alphard terbaru, beberapa akan suka dengan tampilan depannya yang lebih futuristic dan berkesan ala robot Transformer, di satu sisi pasti beberapa orang akan mengatakan bahwa model Alphard terbaru ini jelek, sayangnya menurut selera kami, kami tidak suka tampilan Alphard terbaru. Untungnya Toyota memberikan warna hitam pada unit display ini, sehingga masih cukup tereduksi tarikan garis bumper yang aneh bin ajaib itu.

Tapi tenang saja, untuk anda yang tidak suka dengan tampilan Alphard terbaru, Toyota juga menghadirkan Toyota Vellfire terbaru yang memiliki wajah lebih baik, kalau menurut kami model yang ini pasti lebih dapat diterima di semua kalangan. Kami lebih suka model grille yang lebih simple, lampu yang dua tingkat dengan desain meruncing dan model bumper yang lebih mudah dicerna.

Selain wajah depannya yang berbeda, dari samping sebenarnya mobil ini nyaris tidak ada bedanya. Velgnya masih sama besar dengan ukuran R18 yang memiliki two tone color agar tampak kekinian. Seperti halnya Toyota Alphard edisi sebelumnya, tentunya mobil ini dilengkapi dengan ban ber profil cukup tipis bermerek Toyo karena merupakan mobil yang diimpor dari Jepang.

Seperti halnya bagian depannya, Toyota Alphard dan Vellfire terbaru memiliki banyak sekali aksen chrome, mulai dari handle pintu, dan lis kaca chrome yang sangat tebal sekali memberikan kesan bahwa aksen chrome ini ingin sekali terlihat. Salah satu hal yang menarik, selain Toyota mempertahankan garis pilar B dari generasi Alphard terbaru, kini Alphard mengusung desain floating roof mulai dari pilar C hingga ke belakang di Alphard terbaru ini.

Melihat desain belakangnya, lagi-lagi desain ini bukan selera kami meskipun lampunya tampak lebih modern dengan aksen LED bergaris. Bentuknya agak aneh karena di bagian sampingnya naik keatas seperti sayap burung yang hendak terbang. Diatas dudukan plat nomor juga kita akan menemukan aksen chrome yang sangat besar disini, mungkin menurut Toyota belum mewah kalau belum pakai chrome.

Untuk Toyota Vellfire, mobil ini masih mengikuti jejak pendahulunya yang menggunakan lampu belakang model clear lens bening yang akan menyala merah jika lampu dinyalakan dan rem diinjak. Begitupula dengan lampu sein yang akan menyala oranye meskipun kaca tampak bening. Hal yang kami suka pada mobil ini, Toyota masih menyembunyikan wiper belakang dibalik wing spoiler atas agar terlihat modern.

Interior
Meskipun menurut selera kami eksteriornya tidak menarik, lain lagi jika kita berbicara interiornya, secara personal saya sangat menyukai interior Alphard terbaru yang dibuat lebih baik dan modern tentunya.

Okey, karena ini adalah mobil Luxury Van yang notabene kita tidak perlu ambil pusing tentang kursi baris pertama, langsung saja kita bahas kursi baris kedua mobil ini.

Masuk ke baris kedua Toyota Alphard dan Vellfire, kita akan disuguhkan iluminasi floor lamp dengan proyeksi tulisan “Alphard” pada Toyota Alphard dan “Vellfire” pada Toyota Vellfire (ya iyalah), namun karena kondisi ruangan kurang gelap, tulisan ini tidak begitu terlihat.

Masuk ke dalam interior, tentu saja Toyota menyediakan pegangan tangan untuk Toyota Alphard dan Vellfire, namun ada improvement cukup menarik disini, karena pegangan tangan di samping pintu dan belakang jok mobil ini kini dilapisi dengan kulit yang sangat nyaman ketika disentuh. Hal baik lainnya yang memudahkan masuk ke dalam kabin Alphard terbaru ada pada ground clearance-nya yang kini lebih rendah 10 milimeter sehingga memudahkan lansia masuk atau keluar dari mobil ini. Good job!

Pertama kali kami mencoba duduk di kursi Toyota Vellfire yang memiliki harga sama dengan Toyota Alphard G 2.5, entah kenapa ketika duduk di kursi Alphard terbaru ini saya merasa tidak ubahnya duduk di Toyota Alphard Facelift 2013 yang memiliki fixed hand rest dan head rest yang bisa ditekuk kanan dan kirinya agar kepala kita tidak jatuh kesamping ketika tidur.

Untuk reclining dan ottoman, kita bisa mengaturnya secara elektrik dari hand rest samping, sedangkan untuk sliding maju mundur cantik, kita harus menggunakan cara manual seperti halnya mobil lainnya. Perbedaannya dibandingkan dengan Alphard terdahulu yang sama-sama memiliki fixed hand rest ada pada lebar gang antara kursi kanan dan kiri baris kedua untuk akses ke belakang yang terasa lebih lega dibandingkan dengan model sebelumnya.

Hal menarik lagi ketika saya duduk di mobil ini ada ketika memandang plafon atasnya yang memiliki illumination lamp dengan 16 pilihan warna, memang model sebelumnya juga sudah memiliki hal tersebut, namun tidak bisa berganti warna seperti model saat ini. Fitur tambahan lainnya, di bagian plafon mobil ini kita juga mendapatkan pembersih udara Nano-e di bagian sebelah kiri.

Cukup unik mengingat biasanya Toyota menggunakan Plasmacluster dibandingkan dengan Nano-e. Tapi ada satu hal yang saya tidak suka di mobil ini, di plafon mobil ini kita akan menemukan sebuah roof monitor 10 inchi yang memiliki desain sedikit murahan seperti produk after market, apalagi ketika kita menyalakan lampu bawaan monitor tersebut yang berwarna kuning rasanya sangat merusak tatanan kemewahan mobil ini yang telah dibekali dengan lampu full LED di bagian interior.

Meskipun begitu, saya sangat suka dengan fitur wireless charging yang diberikan mobil ini dan terletak di belakang konsol tengah, sehingga sangat mudah dijangkau oleh penumpang baris kedua. Untuk anda yang memiliki smartphone model kekinian, tentunya fitur ini sangat berguna karena kita tidak perlu membawa kabel charging lagi untuk mengecas smartphone kita.

Untuk varian Excecutive Lounge yang dibanderol dengan harga lebih mahal 50% dari Alphard tipe G dan Vellfire, kita mendapatkan kursi yang lebih lebar, lebih besar dan tentu saja lebih nyaman. Kursi ini dilengkapi dengan pemijat, pengatur suhu dan hampir semua pengaturan elektrik ada di sebelah kanan hand rest. Wow!

Uniknya lagi, kita juga akan mendapatkan sebuah meja kecil yang dapat dihadirkan dan dihilangkan melalui fixed arm rest mobil ini, meja kecil ini sangat membantu untuk anda yang senang makan di dalam mobil atau membaca buku.

Tidak hanya itu, kita juga mendapatkan roof monitor dengan Blue Ray Player dan melakukan screen mirroring dari smartphone anda lewat aplikasi Miracast. Kita juga mendapatkan system audio 17 speaker dari JBL di varian Executive Lounge ini.

Satu-satunya kelemahan dari bangku tengah Toyota Alphard 3.5 Q ini menurut kami ada pada akses ke bangku baris belakang yang cukup sulit, karena kursi yang lebih lebar, bisa dikatakan mustahil untuk masuk ke baris ketiga lewat aisle, sehingga kita perlu melipat kursi tengah maju ke depan untuk mendapatkan akses yang manusiawi ke kursi baris belakang, sayangnya untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan tenaga karena kursinya sangat berat dan reclining elektriknya sangat lambat sehingga membutuhkan waktu yang cukup lama.

Sekarang mari kita duduk di bangku depan, seperti halnya model Toyota Alphard sebelumnya, desain dashboard mobil ini sangat mewah, terutama di bagian center cluster, kami menemukan lompatan desain yang jauh lebih baik dibandingkan dengan model sebelumnya. Tombol-tombol di mobil ini tertata tapi dan modern, head unit juga semakin baik, kualitas pengerjaan superior, bahan material juga sangat bagus, dan kami sangat suka dashboard baru yang memiliki aksen kulit dan jahitan. Di varian tertinggi 3.5 Q, kita juga mendapatkan penghangat kursi, penghangat setir, rem tangan elektrik dan speedometer dengan instrument panel yang lebih lengkap.

Namun ada yang lucu dari segi kelengkapan, karena untuk tipe G dan Vellfire, Toyota memberikan All Round View Monitor untuk memudahkan parkir, namun varian tertinggi yaitu 3.5 anda tidak akan mendapatkan hal tersebut.

Sebenarnya masih banyak yang bisa kita eksplorasi dari interior Toyota Alphard terbaru, namun mengingat ini adalah mobil mewah yang sangat kaya fitur, mungkin akan sangat panjang dan tidak habis-habis jika kita bahas lebih lanjut.

Performa
Toyota Alphard memiliki mesin yang sama dengan Toyota Camry 2.500 cc bertenaga 180 Ps, hanya saja Toyota Alphard dan Vellfire kini memiliki transmisi CVT untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar. Untuk varian 3.5 Q Executive Lounge, kita akan dibekali dengan mesin berkonfigurasi V6 bertenaga 276 Ps dan transmisi automatic 6 percepatan.

Tidak perlu bicara performa dan handling, karena ini adalah Luxury Van yang mengutamakan penumpang tengah, karena kalau supirnya ngebut bawa Alphard milik bos, hati-hati bakal dipecat ke-esokan harinya. Jika anda ingin membawa mobil ini sendiri, lebih baik cari sedan mewah, karena seganteng apapun wajah anda, jika mengemudi Toyota Alphard pasti akan dikira supir pribadi.

Kesimpulan
Toyota Alphard dan Vellfire terbaru memang berubah menjadi lebih baik dari segi interior, bahkan ini adalah lompatan kemewahan interior yang cukup signifikan jika kita bicara teknologi, desain dan kualitas pengerjaan yang jauh lebih baik dibandingkan dengan Alphard sebelumnya.

Hanya saja kami tidak suka bentuk eksterior dari Toyota Alphard terbaru ini yang sepertinya kehilangan makna dari apa itu sebuah kemewahan, untungnya untuk anda yang tidak suka dengan Alphard terbaru, anda bisa membeli Toyota Vellfire yang memiliki wajah lebih acceptable untuk semua kalangan, interiornya juga lebih mewah menurut selera saya karena menggunakan warna hitam.

sumber : autonetmagz.com

Mohon Share..